Gerak Pada Tumbuhan Beserta Contohnya Dan Gambarnya

Gerak Pada Tumbuhan Beserta Contohnya Dan Gambarnya | Oke pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai Gerak pada tumbuhan beserta contohnya. Selain itu kami juga akan memberikan beberapa gambarnya. Bagi kalian yang sudah ingin membazcanya, silahkan simak tulisan kami dibawah ini.

Ciri dari mahluk hidup salah satunya ialah bergerak. Dengan hal tersebut tumbuhan sebagai mahluk hidup juga melakukan gerak. Bila hewan serta manusia bisa melakukan gerakan dengan cara aktif serta beralih tempat, namun gerakan pada tumbuhan begitu terbatas. Hingga tumbuhan dikatakan melakukan gerak pasif. Gerakan yang dikerjakan oleh tumbuhan hanya dikerjakan di bagian khusus. Contohnya bagian ujung tunas, bagian ujung akar, maupun di bagian lembar daun tertentu. 

Pada prinsipnya, gerakan tumbuhan berlangsung dikarenakan ada sistem pertumbuhan serta ada kepekaan pada rangsang atau irritabilitas yang dipunyai oleh tumbuhan itu. Sebagai respon pada rangsang terebut, tumbuhan melakukan gerakan yang mungkin saja menuju kearah rangsang atau menjauhi, atau lakukan gerak tanpa menunjukan arah tertentu. 

Gerak pada tumbuhan dibedakan menjadi dua, yakni : 

1. Gerak Endonom/Autonom 

Gerak endonom yaitu gerakan pada tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan yang datang dari dalam tumbuhan tersebut. 

Gerak endonom ada 2 yakni : 

a. Endonom nutasi yang disebut gerakan spontan (gerak aliran sitoplasma pada tanaman air Hydrilla verticillata). 

b. Endonom higroskopis yakni akibat kandungan air yang rendah (contoh : pecah kacang polong-polongan waktu kering). 

2. Gerak Etionom/Gerak Esionom 

Gerak etinom yaitu gerakan pada tumbuhan yang dikarenakan oleh rangsangan yang datang dari luar tumbuhan itu. Aspek penyebabnya gerakan etionom dapat datang dari aspek rangsang sentuhan, air, sinar, temperatur/suhu, zat kimia, gravitasi, dan lain sebagainya. 

Sebagian jenis gerakan etionom yakni tropisme, taksis, serta nasti. 

A. Tropisme 

Tropisme yaitu gerakan tumbuhan yang arah geraknya di pengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Rangsang dari luar yang memengaruhi gerak tumbuhan ada berbagai macam. Contohnya sinar, gravitasi, air atau kelembapan, serta sentuhan atau singgungan. Berdasar pada type rangsangan itu, tropisme dibedakan jadi fototropisme, geotropisme, hidrotropisme, serta tigmotropisme. 

a) Fototropisme 

Fototropisme yaitu gerak pada bagian tumbuhan yang di pengaruhi oleh rangsangan sinar. Jika gerak tumbuhan itu menuju kearah sinar, bermakna tumbuhan itu melakukan gerak fototropisme positif. Jika gerakan tumbuhan ini menjauhi arah sinar, maka disebut fototropisme negatif. Contoh gerak fototropisme positif yaitu tanaman biji-bijian yang sedang tumbuh tunas. 



b) Geotropisme 

yaitu gerakan sisi tumbuhan dikarenakan dampak gravitasi (gaya tarik) bumi. Jika arah pertumbuhan itu ke atas, jadi termasuk juga geotropisme negatif. Walau demikian, jika arah pertumbuhan menuju kebawah bermakna termasuk juga gerak geotropisme positif. Contoh geotropisme positif yaitu pertumbuhan akar yang selalu menuju kebawah atau kedalam tanah. 

c) Hidrotropisme 

yaitu gerak sisi tumbuhan menuju kearah yang basah atau berair. Arah perkembangan menuju temapt yang berair dimaksud gerak hidrotropisme positif. Jika araah perkembangan tanaman menjauhi tempat yang berair dimaksud gerakan hidrotropisme negatif. Contoh hidrotropisme positif yaitu arah perkembangan ujung akar di dalam tanah yang senantiasa menuju ketempat yang memiliki kandungan air. 

d) Tigmotropisme 

yaitu gerak tumbuhan dari bagian tumbuhan akibat persinggungan. Misalnya sulur markisa serta batang mentimun yang membelit tanaman lain. 






B. Taksis 

Tumbuhan biasanya hanya dapat melalukan gerak pada sebagian anggota tubuhnya, contohnya akar yang mendekati air atau pucuk yang mendekati cahaya. Tetapi, pada tumbuhan tingkat rendah dapat melakukan gerak berpindah tempat. Semua badannya berpindah. Contohnya, tumbuhan euglena dan bakteri besi. Gerak semua tubuh tumbuhan yang dikarenakan oleh datangnya rangsang disebut gerak taksis. 

Berdasar pada rangsang penyebabnya, taksis dibedakan jadi fototaksis serta kemotaktis. 

a) Fototaksis 

adalah gerak semua tubuh tumbuhan yang dikarenakan oleh rangsang sinar. Contohnya gerakan euglena yang selalu mendekati cahaya. 

b) Kemotaksis 

yaitu gerak taksis yang dikarenakan oleh rangsang berbentuk zat kimia. Misalnya Spermatozoid pada Arkegonium lumut-lumutan serta paku-pakuan yang bergerak dikarenakan tertarik oleh zat gula atau protein. 

C. Nasti 

Gerak nasti yaitu gerak pada tumbuhan yang arah geraknya tak di pengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Sama seperti dengan gerak tropisme, gerak nasti juga di pengaruhi oleh rangsang dari luar seperti sinar, suhu, sentuhan/singgungan, bahan kimia, dan keadaan gelap. 

Beberapa macam gerak nasti : 

a) Fotonasti 

Fotonasti yaitu gerak nasti yang di pengaruhi oleh rangsang berbentuk cahaya. Contoh fotonasti yaitu gerak mekarnya bunga jam empat (Mirabilis jalapa) pada sore hari. 




b) Thermonasti 

Thermonasti yaitu gerak nasti yang di pengaruhi rangsang berbentuk suhu. Misalnya mekarnya bunga tulip pada suhu tertentu. 

c) Niktinasti

Niktinasti yaitu gerak nasti dikarenakan keadaan gelap. Misalnya gerak menutupnya daun majemuk (lamtoro, turi) karena cahaya gelap. 






d) Seismonasti 

Seismonasti yaitu gerak nasti dikarenakan pengaruh rangsang berbentuk sentuhan. Contoh seismonasti yaitu gerak menutupnya daun putri malu (Mimosa pudica) dikarenakan sentuhan. Daun putri malu akan menutup jika disentuh. Serta sesudah didiamkan agak lama, daun itu akan membuka kembali. Gerak itu sebagai respon atas reaksi yang datang dari luar, sedang arah gerakannya tak ditentukan oleh arah datangnya rangsang. 

e) Kemonasti 

Kemonasti yaitu gerak nasti lantaran dampak rangsang berbentuk zat kimia. Misalnya yaitu membukanya mulut daun (stomata) pada siang hari dikarenakan ada karbondioksida. 

f) Nasti kompleks 

Nasti kompleks yaitu gerak nasti yang di pengaruhi kian lebih satu jenis rangsang. Misalnya gerak buka serta menutupnya mulut daun (stomata) dikarenakan sinar matahari, zat kimia, air serta suhu.


Demikianlah postingan kami mengenai Gerak Pada Tumbuhan Beserta Contohnya Dan Gambarnya. Semoga tulisan di atas bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya. Sekian Gerak Pada Tumbuhan Beserta Contohnya Dan Gambarnya. 

gerak pada tumbuhan

gerak tumbuhan

contoh gerak pada tumbuhan

gerak pada tumbuhan beserta gambarnya

gerak pada tumbuhan dan contohnya

gerak pada tumbuhan beserta contohnya

sistem gerak pada tumbuhan

makalah gerak pada tumbuhan

gambar gerak pada tumbuhan

contoh gerak tumbuhan

pengertian gerak pada tumbuhan

jenis gerak pada tumbuhan

gerak higroskopis pada tumbuhan

contoh gerak higroskopis pada tumbuhan

jenis jenis gerak pada tumbuhan

gerak gerak pada tumbuhan

materi gerak pada tumbuhan

gerak kemotaksis pada tumbuhan

jenis gerak tumbuhan

alat gerak pada tumbuhan

pengertian gerak tumbuhan

faktor yang mempengaruhi gerak pada tumbuhan

gerak pd tumbuhan

sistem gerak tumbuhan

macam2 gerak pada tumbuhan

artikel gerak pada tumbuhan

contoh-contoh gerak pada tumbuhan

contoh gerak tumbuhan yang tergolong tigmotropisme

gerak gerak tumbuhan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Gerak Pada Tumbuhan Beserta Contohnya Dan Gambarnya