Kumpulan Contoh Karangan Teks Paragraf Narasi Yang Benar

Kumpulan Contoh Karangan Teks Paragraf Narasi Yang BenarPada umumnya paragraf narasi berarti : salah satu jenis pengembangan paragraf dalam sebuah tulisan yang dirangkai menurut peristiwa secara berurutan. Selain itu paragraf narasi juga juga merupakan suatu paragraf yang bertujuan agar pembaca seolah-olah mengalami peristiwa/kejadian yang dialami oleh penulis. Untuk lebih jelasnya maka kami telah menulskan beberapa contoh dari paragraf narasi yang dapat anda gunakan untuk bahan belajar. Nah, sebelum itu kami akan menjelaskan beberapa jenis - jenis dari paragraf narasi. 


Jenis Jenis Narasi & Pengertiannya

1. Narasi Ekspositorik (Narasi Informatif) 

Narasi ekspositorik merupakan sebuah paragraf narasi yang memiliki sasaran penyampaian informasi secara tepat tentang suatu peristiwa dengan tujuan memperluas pengetahuan orang tentang kisah seseorang. 


Di dalam paragraf narasi ekspositorik, seorang penulis menceritakan suatu peristiwa berdasarkan fakta yang sesungguhnya. Pelaku yang ditonjolkan biasanya, satu orang. Pelaku diceritakan mulai dari kecil sampai saat ini atau sampai terakhir dalam kehidupannya. Ciri utama dalam karangan narasi ini yaitu bersifat nonfiksi.

2. Narasi Sugestif (Narasi artistik) 

Narasi sugestif disebut juga dengan narasi artistik. Narasi sugestif adalah narasi yang berusaha untuk memberikan suatu maksud tertentu, menyampaikan suatu amanat terselubung kepada para pembaca atau pendengar sehingga tampak seolah-olah melihat. Ciri dari narasi ini yaitu bersifat fiksi.

Ciri Ciri Paragraf Narasi

  • Terdapat 3 unsur pokok utama yaitu tokoh, waktu, dan peristiwa
  • Narasi bisa bersifat fiksi dan nonfiksi
  • Narasi berisi kisah, cerita, peristiwa, kejadian
  • Tujuan utama dari paragraf atau karangan narasi adalah memberikan informasi, menciptkan kesan/pengalaman kepada pembaca

Contoh Paragraf Narasi

Contoh paragraf narasi ekspositoris

Pada 4 Juli 1927 Ir. Soekarno mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) dengan tujuan indonesia merdeka namun pada tanggal 29 Desember 1929, Belanda memasukkan beliau ke penjara Sukamiskin di Bandung sampai pada pada tanggal 31 Desember 1931 Beliau dibebaskan yang kemudian beliau bergabung dengan Partindo namun untuk kedua kalinya ia ditangkap dan dibuang ke Ende, flores pada tahun 1933 kemudian dipindahkan ke bengkulu. Setelah melewati perjuangan panjang, bersama Bung Hata, Bung Karno memproklamasikan kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945

Contoh paragraf narasi sugestif (artistik)

Hari Minggu ini begitu melelahkan bagiku. Jika pagi hari, banyak remaja yang menghabiskan untuk bersantai dan pergi jalan-jalan bersama temannya, tidak berlaku bagiku. Pukul 5 pagi, aku harus bangun dan membantu ibuku memasak untuk keluarga dan setelahnya aku harus menemani adik-adik bermain sampai lelah dan tidur

Contoh Karangan Narasi

Betapa kagetnya Aldi ketika jam dinding yang dilihatnya sudah menunjukkan pukul 06:30 pagi, tanpa sempat membereskan kamar tidur, Aldi langsung mengambil handuk dan bergegas menuju kamar mandi. Hanya kurang dari 15 menit ia sudah selesai mandi dan langsung mengenakan seragam sekolah dan mengambil beberapa buku pelajaran kemudian dimasukkan ke dalam tas jinjing favoritnya sambil terus menoleh ke jam dinding yang kini sudah menunjukkan pukul 07.05.

Karena buru-buru Aldi pun tak sempat lagi untuk sarapan yang sudah disiapkan ibunya. Ia hanya menyempatkan untuk bersalaman dengan kedua orang tuanya dan setelah itu langsung menyalakan sepeda motor matic yang diberikan ayahnya sebagai hadiah ulang tahunnya yang ke 17.

Sampai di depan gerbang sekolah, tampak satpam sudah mulai menutup gerbang sekolah namun untung saja satpam tersebut melihat kedatangan Aldi dan mengizinkan Aldi untuk masuk. Aldipun masuk dan segera memarkirkan sepeda motornya dan berlari menuju ruang kelas Bahasa yang terletak paling pojok dan berdampingan dengan ruang aula

Tepat di depan pintu ruang kelas, langkah aldi terhenti dan tampak tangannya merapikan rambut dan seragamnya, setelah merasa cukup kemudian ia mengetuk pintu sembari mengucap salam dan dengan sedikit malu ia menganggukkan kepala sebagai pertanda meminta izin untuk duduk dan bergabung dengan siswa-siswi lainnya kepada Ibu Guru yang ternyata sudah terlebih dahulu memasuki kelas.

Untung saja Ibu guru yang bernama Khanza itu memang sangat mengenal aldi yang rajin dan pintar dan hanya dengan senyum Bu Guru mengizinkan aldi untuk duduk. Dengan perasaan lega aldi melangkahkan kaki menuju salah satu bangku yang masih kosong kemudian ia pun duduk dan mengeluarkan buku pelajaran bahasa jepang

Contoh Paragraf Narasi Ekspositoris;

Einstein dilahirkan di Ulm di Württemberg, Jerman; sekitar 100 km sebelah timur Stuttgart. Bapaknya bernama Hermann Einstein, seorang penjual ranjang bulu yang kemudian menjalani pekerjaan elektrokimia, dan ibunya bernama Pauline. Mereka menikah di Stuttgart-Bad Cannstatt. Keluarga mereka keturunan Yahudi; Albert disekolahkan di sekolah Katholik dan atas keinginan ibunya dia diberi pelajaran biola.

Contoh Paragraf Narasi Sugestif : Contoh 1 (kutipan novel Surat Kecil Untuk Tuhan)

Tiga hari lamanya aku mengalami koma tanpa pernah bangun. Dan ketika aku terbangun dari mimpiku, perlahankubukakan mataku, seluruh keluargaku ada disampingku. Ayah, ibu, kedua kakakku, paman dan bibi serta teman-temanmu telah ada disampingku. Suara ayat-ayat Al-Quran terdengar dan aku senang mereka tidak marah padaku karena aku pergi tanpa pamitan. Ayah menyadari aku terbangun dengan cepat memanggilku...

Contoh 2 (kutipan novel Surat Kecil Untuk Tuhan)

Dengan sekuat tenaga aku menggunakan jariku untuk menulis. Tuhan maha besar membiarkan tanganku yang lumpuh dapat bergerak. Walau banyak yang ingin ku tulis, tapi tanganku mulai tak kuat bergerak. Aku hanya ingin melihat keluargaku bahagia dan rukun. Aku ingin ketika aku pergi keluarga bisa ikhlas dan menerima semua ini. 15 tahun lamanya Keke bisa hidup dalam sebuah kebahagiaan di dunia ini.

Kumpulan Contoh Paragraf Narasi 

Pagi-pagi sekali, saat aku mau berangkat sekolah, tiba-tiba nenek mengeluh sakit perut. Ia memegang perutnya sambil meringis-ringis. Isi perutnya bergolak, kata nenek. Ia tampak tidak tahan menahan rasa sakit itu

Beberapa saat saya tertegun, bingung mau berbuat apa. Tas yang sudah saya cangklong, saya lempar ke tempat tidur. Nenek segera saya bawa ke Puskesmas yang tak jauh dari rumah. Dengan hati-hati, saya bonceng ia dengan sepeda butut saya.

Sesampai di Puskesmas, saya langsung bergegas menuju tempat perawatan. Seorang dokter menanyai gejala apa yang terjadi pada perut nenek sambil memeriksa dengan alat-alat kesehatannya. Saya menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, sesekali ditimpali nenek yang tetap meringis kesakitan.

Beberapa menit berlalu, nenek tampak lebih segar. Sakitnya sudah mendingan. Dokter memberinya obat dan menyuntiknya. Ia juga bilang bahwa sakit nenek tidak terlalu parah. Itu hanya efek dari terlalu banyak mengonsumsi cabe. Benar adanya, nenek tadi malam menghabiskan rujak mangga yang saya bikin.

Selesai menerima obat dan membayarnya, saya lalu bergegas menuju rumah. Jam di tangan sudah menunjukkan pukul 07:20 WIB. Duh, saya sudah terlambat datang ke sekolah. Tapi, saya bersyukur karena tidak terjadi hal-hal yang mengkhawatirkan pada diri nenek.
______

Nah, demikinlah tadi penjelasan mengenai paragraf narasi beserta contohn - contohnya. Anda dapat menggunakan contoh - contoh paragraf narasi yang telah kami tuliskan diatas sebagai bahan belajar atau referensi Anda. Demikianlah Kumpulan Contoh Karangan Teks Paragraf Narasi Yang Benar 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan Contoh Karangan Teks Paragraf Narasi Yang Benar